Rabu, 23 April 2014

Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris (Mudah Tanpa Guru+)

Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris (Mudah Tanpa Guru+) sudah diterapkan di tempat saya mengajar bahasa Inggris dulu. Sejak awal belajar bahasa Inggris saya juga sering bertanya-tanya bagaimana caranya. Tapi berhubung waktu itu saya tinggal di pondok pesantren jadinya bisa bertanya sama kakak kelas saya yang sudah senior. Secara, yang namanya pelajaran bahasa di pesantren sudah sautu kewajiban bagi setiap santri, khususnya dalam percakapan sehari-hari, sehingga mau tidak mau kita semua bisa berbahasa.

Sebelum kita mulai belajar cara cepat atau cara belajar cepat bahasa inggris dengan mudah di bawah sedikit saya mau bercerita tentang kehidupan dan aktivitas saya di pesantren, biar teman yang mungkin punya anak atau bisa saja yang non-muslim tau bagaimana sistem belajarnya. Jadi, hidup di pesantren waktu itu bisa dibilang waktu-waktu kita tak ada yang sia-sia. Mulai dari bangun subuh setelah shalat subuh diadakan pengajian umum untuk semua santri sekaligus sampai jam 6 pagi, setelah itu kita sarapan pagi bersama kemudian mandi lalu ke sekolah. Tapi yang menarik di sini, mulai subuh kita sudah tidak bisa lagi menggunakan bahasa Indonesia. Kalau minggu itu waktunya harus menggunakan bahasa Inggris seharian maka semua kata-kata yang kita ucapkan harus dengan bahasa Inggris, jadi kalau tidak tahu apalagi siswa baru harus bawa kamus ke mana-mana. Tapi itu tidak berlangsung lama, setelah 3 sampai 6 bulan kita mulai bisa dan tak bawa kamus kemana-mana lagi. Minggu kemudian bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab, demikian seterusnya. Soal kegiatan selanjutnya kita lanjutkan nanti lagi, sekaran kita bahas sesuai judul aja.

Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris Mudah dengan Tenses

Tips kali ini bukan hanya sekedar teori, karena sudah saya praktekkan sebelumnya ketika saya belajar dan kemudian akhirnya menjadi salah satu pengajar di sebuah tempat kursus swasta di semarang.

Cara cepat yang saya maksud adalah dengan memahami TENSES atau ungkapan bahasa inggris yang disesuaikan dengan waktu kalau susah memahainya. Berikut ini alasan-alasannya :

Mengapa Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris harus dimulai dari belajar Tenses atau bentuk waktu?

1.  Tahu tenses berarti sama dengan 60% kemampuan bahasa Inggris sudah dikuasai. Mengapa demikian? Karena ketika kita membaca atau bercakap dengan bahasa ini maka tak ada satu pun kalimat yang tidak menggunakan rumus tenses ini. Dan bahkan ketika tidak menggunakan rumus atau formulanya akan dikatakan salah. Jadi ketika anda sudah paham dari rumus tenses ini berarti anda sudah bisa bercakap atau pun memahami kalimat nah dengan itu anda tinggal menambah kemampuan lainnya, yaitu memperbanyak menghafal kosa kata.

Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris
Gambar oleh www.belajaringgris.net

2. Tahu tenses berarti tahu bercakap dan tahu menulis dalam bahasa Inggris. Soal vocabullarinya kan masih bisa lihat kamus. Yang terpnting di sini adalah bisa menyusun kata dengan benar sehingga lawan bicara anda paham.

3. Tahu tenses berarti jalan bagi anda tahu semua tata bahasa atau gramatikal (Grammar) dalam bahasa Inggris. Mengapa demikian? Karena semua gramatikal yang kita pelajari tidak terlepas dari susunan katanya. Contoh kalimat apa pun yang kita buat pasti dan wajib harus tahu bentuk tenses-nya, apakah itu bentuk sekarang, lampau atau akan datang.  Intinya, mau lanjut belajar tata bahasa ini dengan mudah berarti harus tahu cara nyusun katanya, sebab mana mungkin bisa paham kalau tidak mengerti maksud dari kalimatnya. Bukan begitu?

Bagaimana cara menguasai Tenses dengan cepat?

Setelah paham sedikit soal fungsi tenses selanjutnya yang harus kita lakukan adalah tahu juga cara cepatnya. Sebagaimana kita ketahui ada 16 bentuknya, tapi pertanyaanya haruskah menghafalnya satu per satu. Tentu tidak karena ada rumus dan rahasianya, yaitu sebagai berikut :

1. Pahami kalau rumus utamanya hanya ada 3, yaitu bentuk lampau yang disebut Past, bentuk sekarang yang disebut Future dan bentuk akan datang yaitu Shall / Will.

Past             >>             Present             >>             Future
(Lampau)                     (Sekarang)                         (Akang datang)

Dan satu bentuk lagi, yaitu bentuk Perfect

2. Setelah mengetahui ke 4 bentuk waktu di atas selanjutnya tinggal pahami kalau ke 4 bentuk tersebut mempunya 2 bentuk waktu lagi agar anda bisa belajar cepat bahasa Inggris, yaitu bentuk simple dan continous,  dengan rincian sebagai berikut :

Past :
1.  Simple Past Tense
2.  Past Continous Tense
3.  Past Future Tense
4.  Past Future Continous Tense.
5.  Past Perfect Tense
6.  Past Perfect Continous Tense
7.  Past Future Perfect Tense
8.  Past Future Perfect Continous Tense

Present :
9.   Simple Present Tense
10. Present Continous Tense
11. Present Perfect Tense
12. Present Perfect Continous Tense

Future :
13. Simple Future tense
14. Future Continous Tense
15. Future Perfect Tense
16. Future Perfect Continous Tense

Bagaiman Cara Mengetahui Rumus Tenses Bahasa Inggris?

Klau mau cara belajar cepatnya, cukup ketahui rumus dasarnya saja, yaitu :
  • Future selalu menggunakan Will/Shall (akan) atau Would / Should untuk bentuk lampaunya dengan paduan kata kerja bentuk pertama.
  • Perfect selalu menggunakan Have / Has / Had dengan paduan kata kerja bentuk ke 3.
  • Continous selalu ditambahkan Ing pada kata kerjanya. Dan kata kerja yang digunakan adalah kata kerja bentuk 1 (pertama)
Setelah mengetahui cara cepat paham (bukan menghafal) rumus tenses di atas selanjutnya mari kita lihat hasilnya :

Keterangan :
C atau Complement di bawah bisa berupa kata keterangan (Tempat, Waktu atau Cara)
V = Verb atau kata kerja.

1.  Present Simple Tense ( S (Subject) + V1 + C (complement) )
2.  Present Continuous Tense (S + is, am, are + V+ing + C
3.  Present Perfect Tense (S + have/has + V3 (Verb bentuk ke 3) + C
4.  Present Perfect Continuous Tense (S + have/ has + been + V+ing + C)
5.  Past Simple Tense (S + V2 + C)
6.  Past Continuous Tense (S + was/were + V+ing + C)
7.  Past Perfect Tense (S + had + V3 + C)
8.  Past Perfect Continuous Tense (S + had + been + V+ing + C)

Delapan Bentuk selanjutnya adalah dalam bentuk future dalam bentuk simple, continous dan perfect.
 
9.    Future Simple Tense (S + will + V1 + C)
10.  Future Continuous Tense (S + will + be + V+ing + C)
11.  Future Perfect Tense (S + will + have + V3 + C)
12.  Future Perfect Continuous Tense (S + will + have + been + V-ing + C)
13.  Past Future Simple Tense S + would + V1 + C)
14.  Past Future Continuous Tense (S + would + be + V+ing + C)
15.  Past Future Perfect Tense (S + would + have + V3 + C)
16.  Past Future Perfect Continuous Tense (S + would + have + been + V+ing + C)

Mengenai contoh dan cara penggunaan tenses di atas bisa anda cari di artikel selanjutnya, yang terpenting di sini adalah anda sudah tahu cara belajarnya bagaimana bisa cepat tapi tetap mudah.

Selanjutnya setelah anda tahu bentuk tenses, lanjutkan dengan belajar cepat menguasai banyak vocabullary dan gramatikal atau Grammer lainnya, berikut adalah caranya :
  1. Hafal semua kata dasar. Caranya di sini bukan dengan menghafal satu per satu tapi cukup langsung ketahui arti semua kata yang ada disekitarmu dengan langsung melihat barangnya dan lihat di kamus artinya. dengan demikian anda bisa langsung tau artinya tanpa harus menghafal satu per satu.
  2. Targetkan hafalan rutin setiap hari. Modal utama dalam bercakap menggunakna bahasa Inggris sebenarnya bukan Grammernya tapi Vocabullari atau kosa kata yang kita hafal. Katanya minimal 1000 kata yang kita hafal maka kita sudah bisa bercakap untuk keperluan sehari hari dengan bahasa Inggris. Cara terbaik untuk ini adalah dengan menghafal dan langsung praktek minimal 5 kata baru sehari. Jadi kalau rutin selama setahun maka di tahun berikutnya anda sudah bisa hafal 5 x 350 kata = 1750 kata di kepala anda. Jadi tak ada susahnya kan. Cukup hafal dan praktekkan 2 kata di pagi hari, 2 kata lagi siang sampai sore dan 1 kata malam harinya.
  3. Targetan pengetahuan Grammer anda. Karena anda sudah tahu tenses maka belajar grammer selanjutnya tak perlu guru lagi, karena yang susah belajar grammer itu kalau kita tidak tahu susunan katanya. Tapi kalau sudah paham kan langsung bisa belajar. Targetkkan minimal 1 Grammer untuk 1 minggu. Jadi dalam setahun sudah hampir 50 Grammer bahasa Inggris yang anda kuasai. Jadi setelah itu anda sudah bisa bicara seperti orang barat dan tentunya lidah anda akan lancar apa lagi jika dipraktekkan sehari-hari.
Tapi bila anda ingin belajar lewat DVD cara cepatnya dan juga dalam bentuk lebih lengkap yang disertai conversation (percakapan), ada baiknya memesan lewat kami. Dijamin sampai ke tujuan. Adapun biaya yang anda keluarkan cuma Rp. 300.000 (Khusus minggu ini saja, karena minggu depan naik lagi) http://www.belajaringgris.net/

Baca juga rubikasblog lainnya :
  1. Cara Menggunakan HJsplit
  2. Cara Memakai Camfrog
  3. Cara Memakai Pashmina - Jilbab Pashmina
  4. Cara Download IDM Gratis
  5. Cara Membuat Kue Kering
  6. Cara Membuat Website Gratis 100%
  7. Cara Membuat Email Facebook
  8. Cara Menggunakan Kamera DSLR
  9. Cara Menggunakan Twitter  
  10. Cara Menggunakan Internet
  11. Tips Cara Menghilangkan Jerawat

Bagaimana Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris (Mudah Tanpa Guru+) ini? Yang paling mudah kan? Tentunya, sebab ini adalah hasil belajar dan praktek saya sebelumnya. dan dari cara ini juga saya berhasil juara lomba pekan bahasa di kampus 2 kali berturut-turut. Dengan pesaing dari jurusan bahasa inggris, padahal saya dari jurusan hukum. Bukan suatu hal yang mustahil kan kalau kita tau teknik dan tipsnya? Jadi selamat belajar dan mempraktekkan!

Cara Belajar Cepat Bahasa Inggris (Mudah Tanpa Guru+) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Decorating LivingRoom

0 komentar:

Posting Komentar