Jumat, 04 April 2014

Menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya - Selamat pagi, pada pagi yang cerah dengan angin yang sejuk sepoi-sepoi ini perawatan kesehatan wajah akan berbagi tips menghilangkan jerawat. Kali ini bahan yang akan kita gunakan berasal dari pohon pepaya. Semuanya sudah pasti kenal kan dengan tanaman yang satu ini. Pepaya punya nama latin Carica papaya L dan tergolong dalam keluarga Caricaceae. Pepaya tersebar diseluruh indonesia. Buah pepaya biasanya digunakan sebagai konsumsi. Rasanya yang manis dan mengandung banyak air, membuatnya disenangi banyak orang. 

Tips sederhana menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

Menghilangkan jerawat dengan daun pepaya
Menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

Selain buah, daun dan bunganya merupakan bagian yang sering dimanfaatkan untuk membuat masakan. Contoh masakan yang menggunakan daun pepaya adalah gudangan yang berasal dari Jawa Tengah. Bagian-bagian dari tanaman pepaya selain digunakan untuk konsumsi, dapat dimanfaatkan pula untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat daun pepaya adalah untuk mengontrol tekanan darah.

Pada daun pepaya muda diketahui mengandung zat alkaloid serta enzim papain dalam jumlah banyak. Enzim papain merupakan getah berwarna putih kental. Fungsi dari enzim papain adalah untuk memecah protein karena enzim papain ini bersifat proteolitik. Sedangkan daun pepaya yang sudah tua, memiliki kandungan Fenolik dalam jumlah banyak. Seorang ahli bernama Suhartono, menyimpulkan bahwa daun pepaya mengandung 3 jenis enzim yakni enzim papain sebanyak 10%, Lisozim sebanyak 20% , serta Khimoprotein sebanyak 45%.

Enzim khimoprotein berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dengan polipetida. Sementara itu enzim lisozim memiliki peran sebagai anti-bakteri. Sedangkan untuk rasa pahit pada daun pepaya diakibatkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpain (C14H25NO2). Zat ini sangat ampuh digunakan sebagai penurun deman, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba.

Lalu bagaimana caranya menggunakan daun pepaya untuk menghilangkan jerawat?.  Cara penggunaannya tidak terlalu rumit.  Terlebih dahulu siaplkan 2 lembar daun pepaya tua. Jemur sebentar dibwah sinar matahari agar terlihat layu kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan 2sdm air. Gunakan tumbukan daun pepaya yang telah dicampur dengan air sebagai masker. Tempelkan pada bagian wajah anda yang berjerawat. Tunggu beberapa menit hingga mengering. Lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Itulah tips sederhana menghilangkan jerawat dengan daun pepaya. Jika tips ini kurang berhasil, anda bisa mencoba tips menghilangkan jerawat dengan ampas teh. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi. 

Menghilangkan jerawat dengan daun pepaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Decorating LivingRoom

0 komentar:

Posting Komentar