Senin, 07 April 2014

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik - Pada artikel sebelumnya kita telah mengenal beberapa bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kosmetik. Diantaranya adalah Paraben, Imidazolidinyl Urea dan Diazolidinyl Urea, Phthalate. Yang dikenal sebagai bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan alergi pada kulit. Dan lebih parah lagi bisa menyebabkan timbulnya kanker.

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik
Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik
Selain beberapa bahan kimia diatas, ada beberapa bahan kimia lain yang lebih terkenal yang sering digunakan dalam kosmetik. Berikut bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang sering ditemukan :

Merkuri atau Air Raksa
Air raksa adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mengawetkan hewan yang sudah mati seperti harimau, anjing, macan tutul, dan sebagainya. Merkuri atau air raksa ini tergolong ke dalam kategori logam berat yang berbahaya yang dalam konsentrasi yang kecil sekalipun sudah merupakan zat racun.

Penggunaan merkuri dalam kosmetik akan menyebabkan berbagai macam masalah seperti perubahan pada warna kulit,  iritasi kulit, alergi, kerusakan pada otak, ginjal, dan juga gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis yang tinggi dan bisa menyebabkan muntah-muntah. Selain itu, yang lebih berbahaya ialah bahwa merkuri atau air raksa ini merupakan zat karsinogenik atau zat yang bisa menyebabkan kanker pada manusia.

Asam Retinoat
Asam retinoat  ini cukup beresiko tinggi apabila ikut dalam campuran bahan untuk kosmetika. Asam retinoat bisa menyebabkan rasa terbakar pada kulit, kulit kering, dan juga cacat pada rahim (teratogenik).

Hidrokinon
Hidrokinon  termasuk salah satu obat keras yang patut diminimalisir bahkan dihindari penggunaannya. Bahaya pemakaian obat keras tanpa pengawasan dokter bisa menyebabkan iritasi kulit yang merah dan rasa terbakar serta bercak-bercak hitam.

Setelah tahu berbagai bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang bisa menyebabkan alergi dan kanker. Semestinya harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik agar tidak berakifat negatif bagi pengguna. Baca juga cara mencegah kerutan dibawah mata.

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar